Business Trip Management

Perencanaan perjalanan dinas dan klaim pembayaran untuk akomodasi perjalanan

Apa itu Business Trip atau Perjalanan Dinas?

Wednesday, 25 May 2022


Ditugaskan bekerja diluar kota sementara waktu, tentu mempunyai kesan tersendiri dan harapan beberapa orang ya, apalagi kota yang kunjungi adalah kota wisata dan kuliner, wow...kapan lagi nih? Nah bukan berarti kita focus jalan-jalannya yah, tapi bagaimana memaksimalkannya agar efektif bekerja walaupun tidak sedang tidak dikantor.

Pada jabatan atau posisi tertentu business trip atau perjalanan dinas adalah hal yang biasa dilakukan seorang seperti halnya profesi Country Manager, Regional Sales, Surveyor, Auditor, Direktur dan Owner. Aktivitas ini tidak dapat terhindari ketika berhadapan dengan aktivitas yang melibatkan internal atau external yang tidak berada disatu kota. Tentu pertemuan akan dilakukan dibeberapa lokasi yang disepakati, hal ini tentu akan terjadi mobilitas karyawan dari satu tempat ke tempat lain. Perjalanan dinas dalam beberapa perusahaan diukur berdasarkan jarak lokasi pertemuan dengan toleransi tertentu. Misal untuk perusahaan A seorang karyawan bisa ditugaskan sebagai perjalanan dinas jika melakukan perjalanan dinas lebih dari 200KM dari lokasi dia bekerja dan didelegasi oleh atasannya dengan tujuan tertentu. Dalam aktivitas ini sangat dimungkinkan seorang karyawan harus menginap dilokasi tujuan seperti di penginapan atau hotel, makan malam dan sebagainya. Aturan ini sangat fleksible tergantung aturan yang dibuat oleh perusahaan.

Sebagai seorang karyawan yang memiliki waktu terbatas dan sering keluar kota, tentu terkait perjalanan dinas ini perlu persiapan dari sisi administrasi antara lain biaya akomodasi, tiket pesawat, booking hotel dan sebagainya. Pada saat perjalanan dinas yang terlalu padat tentu sangat memungkinkan karyawan melakukan kesalahan  seperti keteledoran dan kehilangan struk pembayaran dan banyak lagi. Nah untuk menghindari kesalahan-kesalahan manual tersebut dan mempersingkat proses klaimnya akan lebih baik aktivitas ini dilakukan secara digital melalui web atau mobile aplikasi. Dimana dengan penerapan penggunaan aplikasi tentu saja dapat membantu karyawan tidak repot atau kehilangan dokumen klaim. Mau tahu lebih jauh seperti apa aplikasinya. Yuk daftar dan coba gratis aplikasi disini.

Komentar

Login atau register terlebih dahulu


1 Komentar
...
...
Lingga Asmara
HRIS yang ok...
1 tahun yang lalu
Artikel Terbaru

Data Artikel Kosong

Opps, belum ada artikel. Tunggu aja yaa kami akan membuat artikel terbaru buat kamu.