Performance Management

Penilaian kinerja karyawan menjadi lebih cepat dan akurat

KPI atau Performance Management pada Karyawan

Wednesday, 25 May 2022


Key Perfomance Indikator atau dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan Indikator Kinerja. KPI ini sangat penting untuk organisasi karena biasanya dianggap berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan. Adapun pengertian dari KPI atau Key Performance Indicator adalah KPI adalah metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk membantu suatu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi. Ini dapat mencakup metrik keuangan, seperti target pendapatan atau laba, metrik pelanggan, seperti tingkat pertumbuhan pengguna baru, dan metrik rantai pasokan, seperti waktu pengiriman.

KPI berbeda tergantung sifat dan strategi organisasi. Sederhananya, KPI membantu perusahaan memahami bagaimana kinerjanya di area yang paling penting untuk kesuksesannya. Hal ini dipakai untuk menilai keadaan kini suatu bisnis dan menentukan suatu tindakan terhadap keadaan tersebut.

KPI sering digunakan untuk menilai aktivitas-aktivitas yang sulit diukur seperti keuntungan pengembangan kepemimpinan, perjanjian, layanan, dan kepuasan. KPI umumnya dikaitkan dengan strategi organisasi yang contohnya diterapkan oleh teknik-teknik seperti kartu skor berimbang (BSC, balanced scorecard). KPI adalah alat pengambilan keputusan yang berguna, karena dapat membantu mengurangi sifat kompleks kinerja organisasi menjadi sejumlah kecil indikator kunci yang dapat dikelola.

Kaitannya dengan pengukuran KPI pada karyawan, biasanya diterapkan untuk melihat seberapa baik secara personal karyawan tersebut dapat menyelesaikan target-target dan indicator penilai dari pencapaiannya. Semakin bagus hasil yang didapatkan maka pencapaian tersebut maka pencapaian tersebut bisa dijadikan sebagai salahsatu pendukung dari pengembangan karir karyawan tersebut.

Banyak cara dan metode pengukuran KPI, salahsatunya menggunakan sistem aplikasi sumber daya manusia atau sistem HRIS. Penggunaan sistem HRIS cukup dirasa banyak praktisi SDM cukup mudah, efisien dan efektif. Mau mengenal lebih jauh bagaimana Em-HR dapat membantu anda mengukur KPI karyawan diperusahaan anda. Coba gratis disini. 

*Dikutip dari berbagai sumber

 

Komentar

Login atau register terlebih dahulu


1 Komentar
...
...
Fera Minarti
sangat membantu kami dalam menilai karyawan
1 tahun yang lalu
Artikel Terbaru

Data Artikel Kosong

Opps, belum ada artikel. Tunggu aja yaa kami akan membuat artikel terbaru buat kamu.